Oleh-Oleh Makanan Khas Lombok Murah

By | August 5, 2019

Wisatadankulinernusantara.com – Lombok merupakan destinasi favorit wisatawan lain selain Bali yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Lombok juga menawarkan pesona wisata yang menakjubkan dengan daya tarik pantai, laut dan kawasan destinasi lainnya. Tak hanya menambah devisa negara melalui kedatangan para turis, potensi besar juga dibawa untuk para penduduk lokal. Sektor oleh-oleh menjadi potensi yang juga menjanjikan. Berbicara Lombok dan oleh-oleh, ada beberapa jenis oleh-oleh makanan khas Lombok yang harus Anda bawa pulang sebagai buah tangan.

Mencari oleh-oleh makanan memang sedikit sulit. Ini karena sifat makanan yang tidak tahan lama membuat Anda harus cermat dalam memilih makanan yang akan dijadikan oleh-oleh. Bagi Anda yang sedang atau akan berkunjung ke Lombok, pastikan membeli oleh-oleh makanan khas Lombok berikut ini.

5 Oleh-oleh Makanan Khas Lombok yang Tahan Lama

Manisan Tomat

oleh-oleh makanan khas Lombok
Sumber Instagram : oleholehkhaslombok

Salah satu jajanan paling banyak di beli wisatawan adalah manisan tomat ini,karena rasanya yang manis dan juga kaya akan vitamin dan tahan lama. Manisan ini sangat di sukai oleh anak-anak yang suka manis-manis. Dengan kemasan 180 gr di jual berkisar Rp 40.000 saja.

Baca juga :

Dodol Rumput Laut

kue kering khas lombok
Sumber Instagram : phoenixfood_online

Seperti namanya, dodol ini terbuat dari bahan dasar rumput laut. Rasanya sangat lezat, perpaduan kenyal dari tepung rumput laut dan manis gula akan membuat siapapun ketagihan. Warnanya pun berwarna warni sangat cantik ada beberapa rasa yaitu original,durian,pisang,mangga dll.

Karena terbuat dari bahan rumput laut, dodol ini banyak mengandung serat sehingga bagus untuk Anda yang sedang diet. Dodol ini banyak di jumpai di pusat oleh-oleh mulai dari kemasan kardus 180 gram hingga mika. Untuk harganya cukup murah hanya Rp 15.000 sampai Rp 25.000.

Telur Asin Bakar

oleh oleh khas sumba
Sumber Instagram : tahulombok151a

Lombok juga memiliki produk olahan telur bebek sebagai oleh-oleh. Telur asin bakar ini memang hampir sama dengan telur asin lainnya. Namun ketika dipecah dan dimakan, telur ini memiliki rasa yang tidak terlalu asin. Selain itu, proses pembakaran yang dilakukan juga memberikan aroma tersendiri yang akan membuat Anda ketagihan. Tak perlu khawatir karena telur yang dibandrol dengan harga Rp 6.000 per bijinya ini juga mampu bertahan lama, jadi cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Keripik Rumput Laut

kue khas lombok
Sumber Instagram : keripik_rumput_laut

Selain diolah menjadi dodol, rumput laut juga banyak diolah menjadi keripik oleh masyarakat Lombok. Keripik rumput laut ini juga menjadi oleh-oleh makanan khas Lombok yang menjadi favorit para wisatawan lokal dan maca negara.

Makanan ini juga aman dikonsumsi karena tidak mengandung zat pengawet. Bahkan kripik ini juga banyak dibeli sebagai camilan sehat untuk keluarga di rumah. Keripik rumput laut ini banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan tubuh. Keripik rumput laut dengan kemasan 200 gram ini di jual hanya Rp 37.000 saja.

Baca juga :

Kacang Mete

oleh oleh khas lombok online
Sumber Instagram : alinxe_66

Oleh-oleh makanan dari Lombok selanjutnya yang wajib Anda bawa adalah kacang mete. Lombok terkenal sebagai daerah penghasil kadang mete tak heran jika banyak oleh-oleh yang terbuat dari bahan mete. Oleh – oleh ini memang menjadi pilihan yang tepat jika suguhan atau sekedar camilan ditemani secangkir teh.

Rasanya lebih gurih dibandingkan dengan jenis-jenis kacang lain. Karena itulah kacang mete ini banyak diburu sebagai oleh-oleh. Untuk mendapatkan kacang mete ini Anda harus mengeluarkan budget lebih karena per kilo kacang mete dibandrol dengan harga mencapai Rp 100.000 saja.

Sebagai daerah wisata, Lombok juga memiliki banyak potensi lain yang bisa digali, seperti potensi kuliner. Jika berkunjung ke Lombok, pastikan Anda membeli oleh-oleh makanan khas Lombok di atas. Sebenarnya masih ada lebih banyak makanan khas Lombok lain yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Daftar di atas hanyalah sebagian kecil saja. Selain itu, jenis makanan yang disebutkan di atas juga memiliki sifat tahan lama sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.