Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Maumere

By | January 19, 2020

Wisatadankulinernusantara.com – Mengunjungi tempat yang jauh dan jarang dikunjungi tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan, tak terkecuali jika berkunjung ke Maumere, Nusa Tenggara Timur. Salah satu kecamatan di kabupaten Sikka itu memiliki berbagai keunikan yang bisa Anda jelajahi, mulai dari keindahan alam, rumah adat, kuliner, dan adat budayanya. Jika bepergian, tak lengkap rasanya apabila tidak membeli buah tangan atau oleh-oleh. Ketika pergi ke Maumere, Anda harus tahu dulu kira-kira oleh-oleh apa yang akan Anda beli dari sana. Apakah Anda sedang mencarinya sekarang? Nah, berikut ini adalah rekomendasi oleh-oleh khas Maumere yang bisa Anda beli.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Maumere

Oleh-oleh memang menjadi hal wajib yang dibawa setelah berkunjung ke suatu tempat. Jika Anda pergi ke Maumere, Anda tentu tak boleh melewatkan oleh-oleh yang murah ini sebagai berikut:

Baju dari kain tenun ikat

kain tenun kupang

Kain tenun ikat merupakan salah satu kekayaan adat yang ada di Maumere. Kain tenun ikat dari NTT ini memiliki keindahan yang tak perlu diragukan lagi. Ada banyak orang yang menjual berbagai produk kain tenun ikat dengan harga yang juga berbeda-beda. Ada banyak produk yang dibuat dari kain tenun ikat. Biasanya kain tenun ikat ini dibuat menjadi penutup TV, selendang kecil, besar, lalu ada baju, sarung, dll. Apabila Anda ingin membeli berbagai macam produk kain tenun ikat, Anda bisa mengajak warga lokal agar membantu Anda menawar kepada penjualnya.

Selain barang-barang yang agak besar, ada pula barang-barang yang kecil seperti kalung, gelang, tas tangan, selempang, dan sebagainya. Sandal dan sepatu juga ada yang dikombinasikan bahannya dengan kain tenun ikat. Sehingga nampak lebih indah dengan kombinasi yang sempurna. Oleh-oleh khas Maumere ini cocok bagi Anda yang ingin membelikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Sebab kain tenun ikat adalah kain yang sangat terkenal akan keindahannya. Kain tenun ikat bisa Anda temui di Pasar Geliting dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 500.000. Kain tenun ikat memang cukup mahal, sebab dengan warna alami, pembuatan kain tenun ikat bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan sampai satu tahun.

Moke dan Anggur Lontar

wisata maumere

Moke dan Anggur lontar adalah sejenis minuman keras dari Maumere yang dikreasikan oleh sebuah IKM Lontar. Minuman tradisional ini kemudian diberi nama Moke, dan ada pula Anggur lontar yang memiliki kadar alkohol rendah dengan rasa sedikit manis. Ciri-ciri dari moke ada pada warnanya yang bening dan rasanya juga cukup menyengat.

Moke ini memiliki kadar alkohol 25-30 persen, dan anggur lontar memiliki kadar alkohol yang lebih rendah, yaitu hanya 10 persen saja. Anggur Lontar juga telah diracik bersama dengan rempah-rempah dan juga gula karamel, sehingga memiliki rasa yang sedikit manis. Moke ini merupakan salah satu warisan budaya, sehingga kemasannya dibuat menarik agar dikenal oleh masyarakat. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Maumere ini di pusat oleh-oleh yang ada di Maumere.

Ohu Ai Pungan

oleh-oleh khas Maumere

Apasih Ohu Ai Pungan itu? Namanya unik bukan? Jadi, Ohu Ai Pungan itu adalah salah satu makanan khas dari Maumere yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Sebenarnya, makanan ini makanan tradisional dari Sikka, yaitu khas dari Etnis Sikka Krowe dan Muhang Tana Ai. Namun jika Anda berkunjung ke Maumere, Anda bisa menemukan banyak makanan ini di sana. Bahan dasar dari Ohu Ai Pungan adalah ubi kayu, lalu campurannya adalah kelapa sawit, garam secukupnya, dan juga ikan teri kering. Semua bahan tersebut lalu ditumbuk, sehingga menghasilkan perpaduan rasa gurih dan asin.

Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Maumere di tempat-tempat wisata di sekitar Maumere, atau Anda bisa berhenti di toko oleh-oleh yang Anda temui di jalan. Berbagai macam oleh-oleh di Maumere sangat beragam, ditambah keunikannya yang tidak bisa ditemui di kota lainnya, membuat Anda harus berpikir ulang jika tidak ingin membelinya. Meskipun ada beberapa oleh-oleh yang cukup mahal, Anda bisa menyiasatinya dengan menawar agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *