Minuman Khas Lombok Wajib Dicoba

By | August 25, 2019

Wisatadankulinernusantara.com – Lombok, salah satu daerah di kawasan Indonesia bagian timur ini adalah daerah dengan potensi yang sangat beragam. Lombok dikenal sebagai tujuan wisata favorit bagi para wisatawan. Pemandangan pantai dan laut yang cantik serta berbagai destinasi wisata lain membuat Lombok tak pernah seperti dari kunjungan wisatawan. Jika berkunjung ke suatu daerah rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi berbagai hidangan atau kuliner khas dari daerah tersebut. Begitupun jika Anda berkunjung ke Lombok, cobalah mencicipi beberapa minuman khas Lombok berikut yang tidak hanya segar namun juga memberikan berbagai khasiat untuk tubuh.

Cuaca Lombok yang panas dan terik tentu membutuhkan penangkalnya. Kalau begitu, cobalah beberapa produk minuman khas Lombok berikut ini. Tidak hanya segar, minuman-minuman ini akan terjadi pengangkat haus serta memberikan manfaat lain untuk tubuh. Es Sarang Burung
Minuman khas dari Lombok yang pertama adalah es Sarang burung. Jangan salah, karena minuman satu ini tidak ada kaitannya dengan burung sama sekali. Minuman ini terbuat dari campuran jelly yang sudah diserut, buah-buahan yang juga sudah diserut, es batu dan sirup leci. Minum minuman ini di tengah cuaca yang panas akan membantu Anda merasa segar kembali.

Minuman Khas Lombok, Wajib Anda coba

Tuak Manis

sasaku lombok
Sumber Instagram : augustono

Jangan salah meskipun bernama tuak, minuman ini sama sekali tidak memabukkan. Minuman ini terbuat dari air sadapan pohon aren yang berwarna putih seperti susu dan juga memiliki tekstur kental. Meskipun bernama tuak, tapi minuman ini sama sekali tidak memabukkan. Hal ini karena ketika disadap kemudian disajikan minuman ini masih belum mengandung alkohol. Namun berbeda hal jika Anda tidak segera meminumnya hari itu juga. Minuman ini akan cepat terfermentasi sehingga akan berubah menjadi alkohol dan tidak akan enak lagi untuk diminum. Harganya 1 satu botol besar Rp 12.000 jika botol kecil Rp 7.000 saja cukup murahkan.

Baca juga :

Bubur Reket

minuman khas Lombok
Sumber Instagram : mrs.viriya

Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan minuman ini. Ya minuman ini terbuat dari bahan utama ketan hitam yang sudah dimasak kemudian disajikan dengan santan dan gula yang sudah dicairkan sebagai pendamping. Orang Lombok sering menyantap bubur ini di pagi dan siang hari dengan di tambahkan daun pandan agar aroma lebih sedap serta jika ingin lebih nikmat bisa ditambahkan es di dalamnya yang membuat cita rasa minuman ini menjadi lebih segar.

Serbat jahe

oleh oleh khas lombok online
Sumber Instagram : serbat_jahe_lbs

Serbat jahe di buat dari campuran dari jahe, gula merah dan jahe merah menjadi bubuk siap minum. Agar terasa nikmat minuman ini cocok di minum di malam hari karena udara di malam hari di lombok sangat dingin. Serbat jahe ini di produksi di Dusun longserang barat selatan lombok barat,desa ini memang pemasok gula merah dan air nira terbesar di lombok. Tak hanya itu di desa ini pula melimpah hasil rempah-rempah yang cukup murah. Untuk harga 1 pcs serbat jahe hanya Rp 12.000 saja.

Es Tape

souvenir khas lombok
Sumber Instagram : gembulfoodie

Poteng isi atau tape adalah minuman khas Lombok selanjutnya yang sering diminum masyarakat Lombok dan juga telah mengalami modifikasi supaya menjadi lebih nikmat. Awalnya poteng isi hanya disajikan dengan isi berupa tape, yang kemudian diberi tambahan kuah santan atau susu. Namun, saat ini poteng isi disajikan dengan tambahan es batu sehingga rasanya jadi lebih menyegarkan. Anda pun bisa membuat minuman ini sendiri di rumah. Hanya siapkan bahan berupa tape dan susu cair atau santan.

Baca juga :

Es sarang burung

toko oleh oleh lombok
Sumber Instagram : henky_chan

Merupakan minuman khas lombok yang paling banyak di cari wisatawan karena udara jika siang hari sangat terik oleh karena itu untuk menyegarkan tubuh Es sarang burung ini sangat cocok untuk di minum di siang hari. Nah sebenarnya Es sarang burung ini awal mulanya memang dari sarang burung walet karena hatga yang cukup mahal di ganti dengan agar-agar. Untuk rasanya sendiri masih cukup enak dan segar dan harganya pun cukup murah hanya Rp 10.000 saja.

Brem Khas Lombok

makanan khas sumbawa
Sumber freepik

Minuman ini terbuat dari ketan yang di fermentasi agar menghasilkan aroma yang khas. Namun jika fermentasi terlalu lama akan mengandung alkohol jadi bisa membuat mabuk untuk itu pilihlah Brem dengan fermentasi yang cenderung lebih singkat. Brem ini biasanya di sajikan saat ada upacara adat namun sekarang bisa anda cari di warung-warung yang tersedia di pinggir jalan.

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki ciri khas masing-masing, mulai dari adat budaya, makanan hingga minuman. Begitu juga di Lombok. Salah satu daerah di Pulau Nusa Tenggara Barat ini juga memiliki minuman khas yang sering dikonsumsi masyarakat sekitar di waktu luang ataupun diminum sehari-hari. Minuman khas Lombok ini pun bisa Anda buat sendiri di rumah karena bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapat. Ingin mencoba membuat sendiri minuman khas dari Lombok ini?

2 thoughts on “Minuman Khas Lombok Wajib Dicoba

  1. Pingback: Souvenir Khas Lombok Paling Unik - Wisata dan kuliner nusantara

  2. Pingback: Tempat Wisata di Lombok Utara Paling Hits - Wisata dan kuliner nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *