Makanan Khas Bima Yang Paling Unik

By | June 3, 2019

Wisatadankulinernusantara.com – Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan berada di bagian barat negara Indonesia. Salah satu kota yang terkenal akan kulinernya adalah Bima tentu makanan khas bima banyak sekali yang unik dan lezat. Masyarakat di Bima sebagian besar bermata pencaharian nelayan. Maka dari itu, tak salah jika kuliner khas di Bima kebanyakan didapat dari laut, seperti cumi-cumi dan ikan.

Daftar Makanan Khas Bima Nusa Tenggara Barat

Jika Kalian kebetulan sedang berkunjung ke Bima NTB, jangan lewatkan sajian kuliner khas Bima yang tak kalah menggoda. Makanan Bima biasanya terdiri atas empat bagian, diantaranya ada nasi, kelompok sayuran, kelompok sambal, lauk pauk, dan makanan kecil. Untuk lebih jelasnya, berikut kuliner khas kota Bima yang sayang dilewatkan saat bertandang ke sana, berikut di bawah ini :

Uta Sepi Tumis

Makanan khas Bima
Sumber : ratnamurdhani

Namanya memang cukup unik dan kurang familier, tapi inilah ciri khas nama kuliner kota Bima. Uta Sepi Tumis sangat cocok bagi Kalian pencinta masakan pedas. Saat berkunjung ke NTB, kuliner ini sayang untuk dilewatkan. Uta Sepi Tumis sendiri terbuat dari tumisan udang-udang berukuran kecil dengan bahan pelengkap tomat, cabe, asam muda, lalu dihidangkan bersama kemangi.

Santapan sambal udang yang satu ini juga termasuk makanan favorit bagi penduduk sekitar. Selain itu, santapan Uta Sepi Tumis juga sangat pas dilidah saat disantap bersama nasi hangat.

Baca juga :

Uta Palumara Londe

makanan khas bima
Sumber : mjsmila

Selain Uta Sepi Tumis, makanan khas Bima lainnya yang tak kalah menarik adalah Uta Palumara Londe. Jika kita terjemahkan, Uta Palumara Londe ini maksudnya adalah ikan bandeng kuah santan. Kuliner ini terdiri atas ikan bandeng dengan taburan sayur santan yang dilengkapi oleh bumbu-bumbu cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, dan kunyit. Makanan ini memiliki perpaduan rasa pedas, asam, manis yang sensasional dengan aroma kemanginya yang sangat khas saat dimakan.

Kahangga

oleh oleh khas sumbawa
Sumber : inatukan

Namanya berbeda dari dua nama kuliner khas Bima di atas, Kahangga memang bukan masakan yang bisa disajikan dengan nasi, melainkan nama kue tradisional khas Bima yang saying Kalian lewatkan. Bahan dasar Kahangga terdiri dari gula dan tepung beras. Rasanya yang manis dan gurih, menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta kuliner.

Kahangga biasanya disajikan saat sedang hajatan, tapi karena Namanya sudah mulai popular, Kalian bisa menemukannya dengan mudah di pasar tradisional. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati camilan yang satu ini, karena harganya memang sangat terjangkau, hanya Rp1000/buah saja.

Bingka Dolu

minuman khas bima
Sumber : neni_murniawati

Bingka Dolu juga bisa menjadi pilihan makanan khas Bima yang bisa Kalian cicipi saat berkunjung ke kota ini. Kue ini sangat lembut dilidah saat di gigit terasa lembut. Saat Kalian berkeliling kota Bima, Kalian akan mudah sekali menemukan jajanan khas Bima ini karena banyak ditemukan di pasar tradisional yang ada di kota Bima.

Tota Fo’o

Makanan khas Bima
Sumber : tchitzha

Kuliner ini berupa sambal khas kota Bima yang terbuat dari campuran mangga dan cabai. Perpaduan rasa asam yang berasal dari buah mangga dengan rasa pedas yang berasal dari cabai menghadirkan cita rasa yang bikin Kalian ketagihan. Sambalnya juga cukup pedas. Karenanya pencinta pedas sangat pas jika memilih kuliner yang satu ini saat berkunjung ke Bima.

Uta Maju Puru

rumah adat suku bima
Sumber : alampeace86

Jika Kalian belum pernah merasakan nikmatnya daging rusa, Kalian bisa mencicipi kuliner yang satu ini. Uta Maju Puru adalah makanan khas Bima yang terbuat dari bahan dasar daging rusa. Cara pengolahannya biasanya dagingnya didendeng terlebih dulu. Kemudian daging rusa dibakar lalu ditambahkan bumbu rempah-rempah sebagai pelengkap, sehingga terciptalah kuliner dengan rasa yang gurih dan lezat.

Makanan di nusantara ini memang sangat banyak dan unik untuk itu perlu di lestarikan makanan tradisional tersebut agar anak cucu kita bisa menikmati juga. Sekian cerita singkat tentang makanan khas bima yang banyak di cari ini,semoga bisa menambah referensi anda dalam liburan di kota bima.

Author: admin

Saya Putri Liana seorang Hijab Traveler yang menyukai Traveling dan hunting makanan asli indonesia akan membagikan kisah tentang keindahan alam indonesia yang cukup indah. Semoga dengan adanya website ini bisa membantu traveling anda menjadi lebih asik.

2 thoughts on “Makanan Khas Bima Yang Paling Unik

  1. Pingback: Makanan Khas Rote Paling Banyak Dicari - Wisata dan kuliner nusantara

  2. Pingback: Wisata Bima Favorit Para Turis Luar Negri - Wisata dan kuliner nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *