5 Kuliner di Labuan Bajo Wajib di Coba

By | January 1, 2020

Wisatadankulinernusantara.com – Berwisata di Labuan Bajo akan kurang lengkap tanpa menjajal kekhasan masakan khas daerah wisata. Labuan Bajo yang mempunyai keindahan alam tentu menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Dibalik keindahan alamnya yang memukau Labuan Bajo juga menyimpan berbagai macam kuliner yang layak untuk Anda cicipi. Apa saja kuliner khas dari daerah wisata ini? Yuk simak macam-macam kuliner di Labuan Bajo nan khas dan nikmat ini.

Labuan Bajo terkenal dengan makanan dari hasil lautnya. Pasalnya letaknya yang berada di wilayah pesisir membuatnya kaya akan hasil laut. Untuk Anda pencinta masakan-masakan hasil olahan ikan bisa mencoba berbagai menu khas dari Labuan Bajo. Berikut ini beberapa kuliner khas dari Labuan Bajo yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung di Labuan Bajo.

5 Kuliner di Labuan Bajo yang Tidak Boleh Terlewat

Makanan Khas Labuan Bajo Ikan Kuah Asam

kuliner di labuan bajo

Menu ini menawarkan kesegaran masakan ikan dengan kuah yang melimpah. Ada juga sayuran yang menjadi teman ikan tadi. Rasa asam dipadu dengan gurihnya ikan akan membuat Anda menikmati salah satu kuliner di Labuan Bajo ini. Menu ini sangat cocok dinikmati setelah Anda puas berkeliling di Labuan Bajo. Sebab akan kembali memulihkan energi Anda dan membuat Anda segar kembali.

Baca juga :

Makanan Khas Labuan Bajo Olahan Seafood

mediterraneo labuan bajo menu

Jenis kuliner yang ini pasti akan sangat mudah ditemui di Labuan Bajo. Ada banyak warung makan yang menyediakan menu seafood yang lengkap. Anda hanya tinggal memilih menu-menu yang Anda sukai seperti cumi-cumi, kerang, dan menu khas hasil laut lainnya. Ikan-ikan yang digunakan masih sangat segar karena merupakan hasil tangkapan yang langsung dimasak. Tenang saja, harga menu makanan olahan seafood ini cukup terjangkau.

Nasi Bakar Khas Labuan Bajo

warung mama labuan bajo

Ternyata di Labuan Bajo juga terdapat kuliner nasi bakar. Kuliner di Labuan Bajo yang satu ini memiliki cita rasa yang khas. Uniknya nasi bakar ini juga seringkali disandingkan dengan menu masakan yang lain. Isian pada nasi bakar ini biasanya berupa udang, telur dan juga sayur daun singkong. Ketiga menu ini menjadi isian yang langsung dibakar dengan nasi. Sebelum dibakar ketiga ikan beserta isiannya dimasukkan ke dalam bambu terlebih dahulu. Untuk mendapatkan satu porsi nasi bakar khas dari Labuan Bajo ini, Anda hanya perlu menunggu selama tiga puluh menit saja.

Makanan Khas Labuan Bajo Rumpu Rampe

makanan khas di Labuan Bajo

Masakan yang satu ini mempunyai bahan dasar berupa sayur-sayuran yang ditumis dan dibumbui dengan bumbu khas dari Labuan Bajo. Ada beberapa sayuran seperti jantung pisang yang ditumis bersamaan dengan daun pepaya. Tidak hanya sayur-sayuran saja yang dimasak. Terdapat juga udang rebon yang akan semakin menambah kenikmatan masakan khas dari Labuan Bajo ini.

Makanan Khas Labuan Bajo Berbahan Jagung

Ada dua menu masakan khas dari Labuan Bajo dengan bahan dasar jagung yaitu jagung catemak dan juga jagung bose. Kedua menu makanan ini mempunyai cita rasa yang gurih sehingga sangat cocok untuk Anda yang menyukai jenis makanan yang gurih. Untuk keperluan energi, makanan jagung bose bisa menjadi pilihan Anda. Pasalnya pada masakan ini dicampurkan juga banyak bahan seperti kacang tanah dan juga kacang merah. Selain itu jagung bose juga ditambah dengan santan yang menambah masakan ini semakin gurih.

Sambal Ikan Teri dan Daging Asap Khas Labuan Bajo

kuliner lombok

Ternyata tidak hanya di Jawa saja yang ada sambal ikan teri, di Labuan Bajo pun juga ada. Namun ada perbedaan antara sambal ikan teri khas Labuan Bajo dengan sambal ikan teri dari wilayah Jawa. Jika penasaran, silahkan datang dan nikmati kenikmatan sambal ikan teri khas dari Labuan Bajo. Selain itu, ada juga daging asap khas dari salah satu wilayah Flores ini dikenal dengan sebutan se’i. Daging sapi akan nikmat disantap dengan sambal yang sudah dimasak.

Ketujuh makanan ini dapat Anda temui di Labuan Bajo. Sekarang Anda bisa menikmati kuliner di Labuan Bajo sembari menikmati keindahan alamnya. Jangan lupa berlibur di Labuan Bajo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *