Kain Khas Lombok Paling Banyak Dicari

By | August 28, 2019

Wisatadankulinernusantara.com – Lombok merupakan salah satu daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki potensi wisata yang sangat besar. Selama ini Lombok dikenal di kalangan wisatawan sebagi destinasi tujuan wisata yang menyajikan pesona alam yang luar biasa cantik. Namun, tak hanya pesona alam seperti pantai dan lautnya saja yang menjadi daya tarik dan potensi wisata di Lombok. Kekayaan budaya dan produk budayanya juga menjadi daya tarik yang tak kalah besar bagi wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Para wisatawan asing maupun mancanegara misalnya sering mencari kain khas Lombok sebagai oleh-oleh atau buah tangan ketika berkunjung ke pulau ini.

Kain dari Lombok ini juga menjadi produk budaya yang tidak hanya menampilkan keindahan seni tradisional dari cara pembuatan yang masih tradisional pula. Lebih dari itu kain-kain ini juga menampilkan kearifan lokal serta kekayaan budaya Indonesia yang terus dijaga dan dipelihara oleh masyarakat sebagai warisan yang ditinggalkan nenek moyangnya. Lalu apa sajakah jenis kain yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung untuk dijadikan buah tangan itu? Berikut adalah daftarnya.

Daftar Kain Khas Lombok yang Cantik dan Bermakna

Kain Sesek

kain khas Lombok

Jenis kain tradisional pertama yang berasal dari Lombok kain yang di gunankan oleh suku Sasak. Kain ini adalah jenis kain yang pembuatannya menggunakan teknik memintal. Untuk bisa menghasilkan kain sesek yang berkualitas baik dibutuhkan proses yang panjang dan memakan waktu lama kurang lebih 1 bulan. Biasanya kain ini menggunakan motif yang berhubungan dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Sasak, seperti berbagai biota laut, hewan ternak, lumbung dan rumah adat. Untuk 1 kain sesek ini di hargai Rp 850.000,harga ini tidak menjadi patokan karena setiap kain harganya berbeda-beda.

Baca juga :

Kain Tenun Pelekat

kain tenun sumba

Jenis kain ini adalah kain tradisional yang memiliki ciri khas motif berbentuk loreng atau bermotif tapak catur tak hanya itu ada juga yang bermotif vertikal seperti tapo kemalo, sabuk bendang. Untuk mengasilkan kain yang bagus membutuhkan waktu hingga 1 bulan dengan teknik menyusun benang satu persatu diperoleh warna motif yang bervariasi dan motif yang cantik. Harga di pasaran ini mulai dari Rp 120.000 hingga jutaan.

Kain Songket

tenun songket lombok

Selanjutnya adalah kain Songket yang merupakan salah satu jenis kain khas Lombok yang cara pembuatannya menggunakan teknik menenun. Kain ini juga memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jenis kain tradisional lainnya. Perbedaan itu terletak pada motif di permukaan kain yang terbuat dari benang emas yang dijahitkan di seluruh permukaan kain. Dengan begitu akan timbul corak yang cantik dan unik. Kain ini akan membuat tampilan pemakainya menjadi tampak sangat elegan dan mewah. Harga kain songket lombok mulai dari Rp 150.000-jutaan.

Kain tenun Pringgasela

kain tenun ntt

Kain tenun ini merupakan ciri khas pembuatan dari desa Pringgasela Lombok timur. Di desa ini Sebagian masyarakat adalah pengrajin kain tenun bahkan sudah turun-temurun dari pendahulunya. Pembuatanya juga masih tradisional sekali dengan alat sederhana namun mampu membuat kain tenun yang cukup bagus. Ada beberapa motif kain yang cukup di minati para turis yakni Belak Topat, Sakak, dan Sari Menanti. Kain Tenun Pringgasela ini di jual dengan kisaran harga mulai Rp 100.000 hingga ratusan ribu.

Baca juga :

Kain tenun Ikat

kain khas Lombok

Masih tentang kain tradisional khas Lombok yang menggunakan teknik pembuatan tenun, kain tenun ikat ini juga memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jenis kain tenun lainnya. Perbedaannya terletak pada cara pemberian motifnya. Ketika memberi motif, teknik yang digunakan adalah dengan mengikatkan ke sebagian dari benang. Tujuannya adalah agar bagian-bagian yang diikat tersebut tidak terkena warna saat dilakukan proses pewarnaan dengan cara mencelup. Mengikatnya pun tidak boleh sembarangan agar nantinya ketika proses pencelupan warna tetap nampak cantik. Untuk harganya cukup murah mulai dari Rp 20.000 – ratusan ribu.

Nah, itulah tadi 5 daftar kain khas Lombok yang banyak digemari dan diburu wisatawan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Lombok. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kain-kain ini bukan hanya selembar kain biasa namun juga representasi budaya dan kearifan lokal yang dituangkan dalam bentuk kain. Karena itu sebagai generasi mudah sudah menjadi kewajiban kita untuk terus menggunakan dan melestarikannya.

4 thoughts on “Kain Khas Lombok Paling Banyak Dicari

  1. Pingback: Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara - Wisata dan kuliner nusantara

  2. Pingback: Oleh-Oleh Makanan Khas Lombok Murah - Wisata dan kuliner nusantara

  3. Pingback: Souvenir Khas Lombok Paling Unik - Wisata dan kuliner nusantara

  4. Pingback: Tempat Wisata di Lombok Utara Paling Hits - Wisata dan kuliner nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *